Tanda dan Gejala Diabetes Melitus Saat Mulai Menyerang Tubuh Anda

Sudahkah anda mengetahui apa saja tanda dan gejala diabetes melitus saat mulai menyerang tubuh anda? Jika anda belum mengetahuinya, maka akan sangat sulit bagi anda untuk mencegah penyakit tersebut dengan obat penurun gula darah cepat. Anda akan semakin berisiko menjadi penderita penyakit diabetes melitus jika sama sekali tidak mengetahui tentang tanda dan gejala diabetes melitus.

Kami yakin bahwa tidak ada satupun dari anda yang mau merasakan bagaimana menderitanya menjadi penderita penyakit DM. Oleh karena itu, sebelum semuanya terlambat, kami sarankan anda untuk mulai memahami terlebih dahulu mengenai apa saja tanda dan gejala diabetes melitus tersebut.

Berbagai Macam Tanda dan Gejala Diabetes Melitus

tanda dan gejala diabetes

Dari berbagai macam penelitian mengenai penyakit diabetes melitus, ditemukan bahwa penyakit tersebut menunjukkan beberapa macam gejala saat mulai menyerang tubuh. Tanda dan gejala diabetes melitus dibagi menjadi 2 yaitu gejala hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi dan juga hipoglikemia atau kadar gula darah rendah.

Berikut merupakan beberapa gejala seseorang yang mengalami masalah hiperglikemia:

  • Sering buang air kecil
  • Sering merasa haus
  • Berat badan mengalami penurunan secara drastis dan sebabnya tidak diketahui
  • Pandangan mata mulai kabur
  • Kulit sering sekali mengalami masalah gatal-gatal dan juga infeksi

Beberapa gejala hiperglikemia tersebut bisa semakin parah jika dibiarkan. Segera atasi jika anda mulai merasakan salah satu gejalanya. Selain itu, andapun perlu waspada dengan gejala munculnya masalah hipoglikemia. Berikut adalah beberapa gejala seseorang yang mengalami hipoglikemia:

  • Sering merasa lapar
  • Sering merasa gelisah
  • Tubuh sering gemetar dan juga berkeringat
  • Sering kehilangan kesadaran secara tiba-tiba

Dari dua macam jenis tanda dan gejala diabetes melitus tersebut, manakah yang mulai anda rasakan? Jika anda belum merasakan salah satu dari kedua macam gejala tersebut, mungkin memang anda masih belum menderita penyakit diabetes melitus. Namun jangan gembira terlebih dahulu.

Karena kemungkinan anda sudah menderita penyakit diabetes melitus namun anda tidak merasakan gejala apapun. Ya, penyakit diabetes melitus bisa saja menyerang tubuh anda tanpa menunjukkan gejala apapun.

Itulah mengapa banyak orang yang terlambat mengatasi penyakit tersebut. Untuk mencegah jangan sampai anda terlambat mengatasi penyakit diabetes melitus, kami sarankan anda mulai mengurangi beberapa faktor yang meningkatkan resiko seseorang menderita penyakit diabetes melitus.

Apa Saja Faktor yang Meningkatkan Resiko Seseorang Menjadi Penderita Penyakit Diabetes Melitus?

Selain terus waspada dengan beberapa tanda dan gejala diabetes melitus tersebut, andapun perlu mengurangi berbagai macam faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan anda menderita penyakit diabetes melitus. Berikut adalah beberapa faktor tersebut:

  • Usia

Perlu anda ketahui bahwa semakin tua umur seseorang maka semakin tinggi menderita penyakit diabetes melitus. Semua itu dikarenakan semakin tuanya umur maka akan mempengaruhi kinerja organ di dalam tubuh. Organ tubuh yang kinerjanya mulai tidak maksimal dapat memicu munculnya penyakit diabetes melitus.

  • Berat badan

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih juga sangat berisiko menderita penyakit diabetes melitus. Oleh karena itu, sebaiknya anda mulai menjaga berat badan tubuh anda tetap ideal.

  • Kolesterol dan juga hipertensi

Penyakit kolesterol dan juga hipertensi juga dapat meningkatkan kemungkinan seseorang menjadi penderita penyakit diabetes melitus. Segera atasi penyakit hipertensi dan juga kolesterol jika anda tidak ingin menjalani sisa hidup anda sebagai penderita penyakit diabetes melitus.