Gejala yang Perlu Diwaspadai Kemunculannya Saat Melakukan Olahraga Diabetes Melitus

Olahraga diabetes melitus memang sangat baik terutama untuk mengurangi kadar glukosa di dalam darah dan juga penumpukan lemak yang ada di dalam tubuh. Namun demikian, penderita diabetes melitus juga sebaiknya tetap waspada selama berolahraga. Karena faktanya, meskipun anda melakukan olahraga yang sesuai untuk penderita diabetes melitus, anda masih bisa mengalami masalah penurunan glukosa di dalam darah.

Penurunan kadar glukosa tersebut adalah satu permasalahan yang cukup serius. Biasanya, hal tersebut bisa saja terjadi karena anda memilih melakukan olahraga yang terlalu berat untuk penderita diabetes melitus. Namun masalah tersebut juga bisa muncul akibat kondisi tubuh anda yang tidak fit ketika melakukan aktivitas olahraga.

Jika anda tidak ingin mengalami permasalahan yang cukup berat akibat penurunan gula darah tersebut, maka sebaiknya tetaplah waspada selama anda melakukan olahraga diabetes melitus. Gejala apa saja yang perlu anda waspadai ketika melakukan olahraga diabetes melitus? Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut di sini.

 

Berbagai Macam Gejala Pertanda Glukosa Darah Mulai Menurun Saat Melakukan Olahraga Diabetes Melitus

Pertanda Glukosa Darah Mulai Menurun Saat Melakukan OlahragaSebenarnya, penurunan glukosa darah yang terjadi karena tubuh terlalu dipaksakan untuk melakukan olahraga menunjukkan cukup banyak gejala. Karena itu, sebenarnya anda bisa saja mencegah agar jangan sampai tubuh anda benar-benar mengalami kondisi penurunan glukosa darah yang cukup drastis.

Ketika anda melakukan olahraga diabetes melitus, maka sebaiknya waspadalah dengan beberapa macam gejala seperti:

1. Kepala mulai terasa pusing dan terasa mau pingsan.
2. Ulu hati terasa sakit.
3. Dada mulai terasa sesak.
4. Napas menjadi semakin pendek.
5. Selain merasa sesak, juga terasa nyeri di bagian dada.
6. Nyeri yang awalnya terasa di bagian dada mulai menjalar ke bahu, lengan, dan juga rahang kiri.
7. Jantung terasa berdebar lebih cepat dari biasanya.

Jangan sampai anda menunggu semua gejala tersebut muncul. Sebaiknya bila anda mulai merasakan satu atau dua macam gejala tersebut, segera hentikan aktivitas anda. Beristirahatlah dan makan makanan ringan yang mengandung karbohidrat.

Bila memang gejala tidak kunjung reda, maka sebaiknya segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Karena memang penurunan glukosa di dalam darah bisa sangat membahayakan jika tidak ditangani secepat mungkin.

 

Mencegah Hipoglikemia Muncul Saat Berolahraga Pada Penderita Diabetes Melitus

Hipoglikemia atau penurunan kadar glukosa memang adalah masalah serius. Namun sebenarnya, masalah tersebut masih bisa dicegah. Bila anda ingin mengurangi resiko untuk mengalami hipoglikemia saat melakukan olahraga diabetes melitus, maka mulailah melakukan beberapa hal berikut ini:

1.) Konsultasikan terlebih dahulu mengenai obat herbal diabetes basah dan jenis olahraga yang akan anda lakukan kepada dokter.

2.) Makanlah dua hingga tiga jam sebelum anda memulai berolahraga.

3.) Cek terlebih dahulu kadar glukosa di dalam darah sebelum anda berolahraga. Untuk penderita DM tipe 1 sebaiknya tidak berolahraga jika kadar gula darah 200 mg/dl. Sedangkan untuk penderita DM tipe 2 sebaiknya mengurungkan niat untuk berolahraga jika kadar glukosa kurang dari 250 mg/dl.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *