Pengertian Seberapa Menakutkannya DM Tipe 1

Sudahkah anda mengetahui tentang pengertian DM tipe 1? Atau mungkin anda justru masih meremehkan penyakit tersebut saat ini?

Untuk anda yang sampai saat ini masih menganggap penyakit ini sebagai penyakit yang remeh mungkin anda belum mengetahui seberapa berbahayanya penyakit tersebut. Jika anda belum mengetahui seberapa berbahayanya penyakit DM tipe 1 tersebut sebaiknya anda membaca pengertian DM tipe 1 yang akan kami bahas di sini. Karena mengenali seberapa menakutkannya penyakit DM tipe 1 sedini mungkin jauh lebih baik daripada meremehkannya.

Pengertian DM tipe 1 Dilihat dari Penyebabnya

???????????????

Tentunya anda sudah mengetahui bahwa penyakit diabetes melitus dibagi menjadi beberapa macam tipe menurut penyebabnya. Diabetes melitus tipe 1 adalah salah satu jenis penyakit DM dan inilah jenis penyakit DM yang paling berbahaya.

DM tipe 1 disebabkan karena organ pankreas sudah tidak dapat memproduksi atau mengalami penurunan dalam memproduksi hormon insulin.

Hormon insulin adalah satu jenis hormon yang fungsinya sangat penting di dalam tubuh. Dengan tidak dapat memproduksi hormon insulin, maka penderita penyakit DM tipe 1 ini harus bergantung pada suntik insulin setiap hari.

Melewatkan satu hari tanpa suntik hormon insulin bagi penderita DM tipe 1 bisa sangat fatal akibatnya. Karena begitu tergantungnya penderita DM tipe 1 dengan suntik insulin, maka penyakit DM tipe 1 juga sering sekali disebut dengan insulin dependent diabetes oleh beberapa orang.

Apa yang Membuat DM Tipe 1 Sangat Tidak Pantas Untuk Diremehkan

Sekali lagi kami perlu katakan bahwa penyakit DM tipe 1 bukanlah penyakit yang pantas untuk anda remehkan. Melihat dari pengertian DM tipe 1 yang sudah kami jabarkan diatas tentunya anda sudah sedikit mengetahui alasan mengapa penyakit ini tidak bisa diremehkan begitu saja.

Selain memang sulit untuk diatasi karena penyebab penyakit ini adalah kerusakan permanen pada organ pankreas, penyakit ini juga memiliki beberapa hal lain yang membuatnya semakin berbahaya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat penyakit DM tipe 1 menjadi semakin berbahaya dan tidak bisa diremehkan.

• 2-3% penderita diabetes melitus adalah penderita penyakit DM tipe 1.

• Sebagian telah berhasil mengatasi penyakit ini namun tidak sedikit yang menjadi korban dari DM tipe 1.

• Penyakit DM tipe 1 berpotensi besar menyebabkan komplikasi penyakit jika tidak ditangani dengan serius dan benar.

• Penyakit ini bisa diderita oleh siapa saja karena DM tipe 1 tidak memandang usia maupun jenis kelamin.

• DM tipe 1 bisa dikatakan sebagai penyakit yang nyaris tanpa menunjukkan gejala apapun. Oleh sebab itu, penyakit ini juga terkenal sebagai salah satu penyakit silent killer. Melihat dari fakta yang sudah kami jabarkan di pengertian DM tipe 1 ini tampak jelas bahwa penyakit DM tipe 1 merupakan satu jenis penyakit yang sangat perlu diwaspadai kemunculannya.