Diabetes Type 1 dan Berbagai Macam Tipe Lainnya

Sampai saat ini memang masih ada banyak masyarakat yang mengira bahwa penyakit diabetes melitus hanya ada satu jenis saja yaitu diabetes type 1. Padahal ada cukup banyak tipe penyakit diabetes selain diabetes mellitus type 1 tersebut.

Ketidaktahuan masalah jenis-jenis penyakit diabetes melitus inipun juga menjadi penyebab semakin meningkatnya penderita penyakit DM. Oleh sebab itulah, bila anda adalah salah seorang dari mereka yang masih belum mengetahui mengenai apa saja jenis-jenis penyakit DM, maka anda sebaiknya mempelajarinya di sini.

Berbagai Macam Type Penyakit Diabetes

Berbagai Macam Type Penyakit Diabetes

Diabetes melitus bukan hanya diabetes type 1 saja. Penyakit yang juga umum disebut kencing manis ini memiliki 2 tipe lain selain tipe 1. Selain penyakit diabetes mellitus type 1, sebaiknya andapun berhati-hati dengan diabetes melitus tipe 2 dan juga diabetes melitus gestasional. Seperti apakah perbedaan dari masing-masing tipe penyakit diabetes melitus tersebut? Baca penjelasan lengkapnya di sini.

Mengenal Diabetes Type 1

Diabetes mellitus type 1 merupakan jenis penyakit diabet yang paling sering dikenal. Penyakit diabetes tipe ini muncul karena tubuh sudah tidak mampu lagi memproduksi hormon insulin. Oleh sebab itulah, glukosa di dalam darah tidak dapat dialirkan menuju sel-sel untuk diproses menjadi energi. Karena tidak diproses, maka glukosa hanya menumpuk di dalam darah. Dari semua jenis penyakit diabetes melitus, diabetes type 1 merupakan penyakit yang paling sulit untuk diatasi.

Apa sebabnya? Diabetes type 1 tidak mudah untuk diatasi karena akar permasalahan dari penyakit ini adalah kerusakan pada organ pankreas dan hal ini bisa disebabkan karena adanya faktor genetik. Namun demikian, jumlah penderita penyakit diabetes melitus tipe 1 hanyalah 2% hingga paling banyak 3% dari total semua penderita penyakit diabetes melitus.

Mengenal Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes melitus tipe 2 tidak sama dengan diabetes type 1. Jika dilihat dari segi akar permasalahannya, diabetes melitus tipe 2 muncul akibat pola hidup yang tidak sehat. Melihat akar permasalahan yang memicu penyakit diabetes melitus tipe 2 ini, penyakit ini sebenarnya jauh lebih mudah diatasi jika dibandingkan dengan diabetes mellitus type 1.

Penyakit diabetes melitus tipe 2 ini lebih sering menyerang orang-orang yang usianya sudah lebih dari 40 tahun. Perlu anda perhatikan juga bahwa tidak sedikit penderita DM tipe 2 ini memilik masalah pada kelebihan berat badan. Mengapa kelebihan berat badan menjadi faktor penyebab dari penyakit DM tipe 2? Semua itu dikarenakan kelebihan berat badan akan menyebabkan masalah resistensi insulin di dalam tubuh.

Masalah resistensi insulin tersebut akan membuat insulin tidak dapat menyalurkan glukosa ke sel-sel yang ada di dalam tubuh. Penderita penyakit DM tipe 2 memang tidak mengalami masalah kerusakan pada organ pankreas. Hormon insulin masih bisa diproduksi, namun jika resistensi insulin terus menerus terjadi, maka organ pankreas akan dipacu untuk memproduksi lebih banyak hormon insulin.

Jika organ pankreas terus menerus dipacu untuk memproduksi hormon insulin, maka lama kelamaan organ pankreaspun akan mengalami kerusakan. Bila organ pankreas sudah terlanjur mengalami kerusakan, maka penderita penyakit DM tipe 2 pun akan mengalami penderitaan yang jauh lebih berat dari penderita diabetes type 1.

Mengenal Diabetes Melitus Gestasional

Diabetes melitus gestasional memang tidak sepopuler diabetes type 1 dan 2. Hal tersebut disebabkan karena penyakit DM tipe ini hanya bisa diderita oleh wanita saja. Diabetes melitus gestasional ini umumnya diderita oleh wanita pada masa kehamilan. Memang benar bahwa penyakit diabetes ini bisa lenyap dengan cukup mudah setelah penderitanya melahirkan.

Namun demikian, setiap wanita yang sudah pernah menderita penyakit diabetes melitus gestasional akan jauh lebih berpotensi untuk menderita penyakit diabetes melitus tipe 2 selepas masa kehamilannya. Oleh sebab itu, sebaiknya mencegah penyakit ini sebisa mungkin. Solusi untuk mencegah penyakit inipun tidaklah sulit.

Setiap wanita hamil disarankan untuk rutin melakukan kontrol di dokter selama masa kehamilan. Selain itu, sebaiknya wanita yang sedang dalam kondisi hamil juga harus mengatur pola makannya. Karena mayoritas wanita hamil yang menderita penyakit diabetes melitus gestasional adalah mereka yang mengalami obesitas saat hamil.