Beragam Jenis Diabetes Melitus dan Faktor Pemicunya

Taukah anda bahwa ada beragam jenis diabetes melitus yang perlu anda waspadai? Ya, selama ini mungkin anda tidak mengetahui bahwa penyakit diabetes melitus terdiri dari berbagai macam jenis. Penyakit diabetes melitus dibedakan menjadi berbagai macam jenis dilihat dari faktor pemicunya. Mengetahui apa saja jenis penyakit diabetes melitus tersebut sangat diperlukan ketika anda ingin melakukan pencegahan atau penanganan.

Oleh karena itu, sebelum anda mempelajari penanganan dan juga pencegahan penyakit DM dengan obat diabet, sebaiknya anda memulai dengan mengetahui terlebih dahulu jenis diabetes melitus tersebut. Jika anda ingin mempelajari apa saja jenis diabetes melitus, maka anda bisa mempelajarinya di sini. Kami akan membahas secara lengkap mengenai beragam jenis penyakit DM tersebut.

Jenis Diabetes Melitus Dilihat dari Penyebabnya

jenis dm

Jika dilihat dari penyebabnya, penyakit diabetes melitus dibagi menjadi 4 macam jenis. Inilah 4 macam jenis diabetes melitus yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya:
  • Diabetes melitus tipe 1

Penyakit diabetes melitus tipe 1 adalah penyakit yang muncul karena kerusakan organ pankreas. Organ pankreas mengalami penurunan fungsi atau bahkan sama sekali tidak dapat berfungsi lagi seperti semestinya. Penderita penyakit DM tipe 1 ini harus bergantung pada suntik insulin.

Selain itu, penderita DM tipe 1 ini juga tidak bisa asal melakukan olahraga. Karena hal tersebut bisa memicu munculnya masalah hipoglikemia. Faktor pemicu penyakit DM tipe 1 ini adalah infeksi virus yang menyerang organ pankreas dan juga faktor keturunan.

  • Diabetes melitus tipe 2

Penyakit diabetes melitus tipe 2 merupakan jenis diabetes melitus yang paling banyak diderita. 90%-95% penderita diabetes melitus menderita penyakit DM tipe 2 ini. Penyakit ini muncul dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat.

Kurang olahraga, memiliki masalah kelebihan berat badan, dan terlalu sering memakan makanan yang kaya dengan lemak tak jenuh adalah beberapa faktor pemicunya. Untuk mengatasi penyakit diabetes melitus tipe 2 ini mau tidak mau penderitanya harus mulai merubah gaya hidup, mulai rutin berolahraga, mulai menjaga pola makan, dan mulai menjaga berat badan.

  • Diabetes melitus gestasional

Penyakit diabetes melitus tidak selalu berbahaya. Salah satu contohnya adalah penyakit diabetes melitus gestasional yang sering diderita oleh wanita yang sedang mengandung. Penyakit ini muncul karena adanya kelebihan berat badan ketika seorang wanita mengandung. Namun jika setelah melahirkan penderita bisa mengatur pola makan dan juga melakukan olahraga secara rutin, maka penyakit ini bisa diatasi dengan sangat mudah.

  • Diabetes melitus sekunder

Diabetes melitus sekunder juga merupakan jenis diabetes melitus yang berbahaya. Berbeda dengan DM tipe 1 yang sifatnya permanen, diabetes melitus sekunder ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan komplikasi penyakit.

Orang-orang yang menderita penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan juga kolesterol biasanya juga akan menderita penyakit DM tipe ini jika tidak segera mengatasi penyakit yang sebelumnya diderita. Sudah banyak orang menjadi korban dari penyakit diabetes melitus sekunder ini. Karena kebanyakan penderitanya tidak merasakan gejala apapun saat munculnya penyakit tersebut.