Gejala dan Pencegahan Penyakit Glaukoma Akibat Diabetes Melitus

Penyakit glaukoma adalah penyakit yang muncul akibat diabetes melitus. Penyakit ini merupakan hasil dari rusaknya organ mata. Ya, organ mata memang juga beresiko mengalami kerusakan akibat penyakit diabetes melitus yang dibiarkan tak terkendali.

Glaukoma bisa diderita oleh semua orang yang menderita penyakit diabetes melitus terutama mereka yang sangat tidak disiplin menjaga kesehatan dan juga kadar glukosa di dalam darah. Anda yang sudah menderita penyakit diabetes cukup lama juga wajib berhati-hati.

Karena akibat diabetes melitus yang sudah diderita cukup lama juga dapat menyebabkan kerusakan pada organ mata. Memang ada cukup banyak penyakit yang muncul akibat kerusakan organ mata. Namun pada kasus kali ini, kita akan lebih banyak membicarakan mengenai penyakit glaukoma.

Sudahkah anda mengenal apa itu penyakit glaukoma? Apa saja gejala dan bagaimana mencegahnya? Bila anda masih belum begitu jelas mengenai penyakit glaukoma ini, maka anda bisa mempelajarinya lebih detail di sini.

Gejala Penyakit Glaukoma yang Muncul Akibat Diabetes Melitus

Glaukoma dbt

Untuk mencegah penyakit glaukoma, anda perlu mengenal terlebih dahulu mengenai seperti apa gejala dari penyakit tersebut. Umumnya, penyakit glaukoma tidak menunjukkan gejala yang cukup parah pada awal kemunculannya. Kebanyakan orang yang menderita penyakit glaukoma ini hanya merasakan adanya penurunan pada indra penglihatan.

Sayangnya, mayoritas yang merasakan gejala tersebut menganggapnya sebagai gejala biasa. Jarang dari mereka yang langsung mengambil tindakan untuk mencari tahu apa masalah yang menyebabkan terjadinya penurunan indra penglihatan tersebut.

Padahal, jika sampai benar penurunan indra penglihatan tersebut disebabkan oleh kemunculan penyakit glaukoma, maka penyakit tersebut bisa semakin parah dengan tidak mendapatkan penanganan khusus. Jika penyakit glaukoma yang muncul akibat diabetes melitus bertambah parah, maka akan mulai muncul beberapa gejala mengerikan seperti:

  • Sakit kepala yang kemungkinan tidak dapat diredam dengan berbagai macam penahan rasa sakit.
  • Bola mata mulai sering merasa nyeri.
  • Merasa mual dan berakhir muntah-muntah.

Waspadalah karena penyakit glaukoma yang sudah mulai menunjukkan gejala-gejala tersebut biasanya mulai merusak saraf-saraf halus atau mikrovaskuler yang ada di organ mata. Ketika cukup banyak saraf halus yang mengalami kerusakan, maka fungsi dari organ matapun akan semakin menurun dan dapat menyebabkan kebutaan.

Pencegahan Penyakit Glaukoma

Penyakit glaukoma bukanlah penyakit yang tidak bisa dicegah. Penyakit yang muncul akibat diabetes melitus ini bisa dicegah asalkan anda bisa mendisiplinkan diri. Karena kemunculannya berkaitan dengan penyakit diabetes melitus yang tidak terkontrol, maka berikut adalah beberapa obat herbal diabetes kering dan metode pencegahannya:

  • Selalu kontrol kadar gula di dalam darah. Pastikan jangan sampai mengalami peningkatan kadar gula darah terlalu tinggi dan terlalu sering. Karena peningkatan kadar gula darah dapat memicu kerusakan organ mata.
  • Jaga kesehatan mata dengan selalu memeriksakannya ke dokter mata minimal setahun sekali. Semakin cepat mengetahui kemunculan penyakit glaukoma akan memudahkan anda mengatasinya.