Efek Penyakit Diabetes Pada Organ Mata

Tidak banyak orang mengetahui bahwa efek penyakit diabetes juga dapat merusak organ mata. Kerusakan pada organ mata akan semakin parah jika seseorang menderita penyakit diabetes melitus cukup lama. Kerusakan organ mata sebagai efek penyakit diabetes tersebut menyebabkan beberapa macam gangguan mata. Salah satu gangguan mata yang juga bisa diderita oleh penderita penyakit diabetes melitus tersebut adalah katarak.

Sudah tahukah anda seperti apa gejala seseorang yang menderita penyakit katarak? Sudah tahukah anda bahwa penderita penyakit diabetes melitus memiliki beberapa faktor yang dapat semakin memicu munculnya penyakit katarak tersebut? Jika anda ingin mengetahui informasi mengenai penyakit katarak yang disebabkan oleh penyakit diabetes melitus tersebut, baca penjelasannya secara lengkap di sini.

Gejala Penyakit Katarak yang Muncul Sebagai Efek Penyakit Diabetes

matanya

Jika anda adalah seorang penderita penyakit diabetes melitus, maka sebaiknya anda memahami betul mengenai beberapa macam gangguan mata yang bisa muncul karena penyakit diabetes yang anda derita. Katarak merupakan salah satu jenis penyakit mata yang perlu anda pelajari. Karena penyakit katarak tersebut merupakan salah satu gangguan mata yang muncul karena penyakit diabetes melitus.

Berikut adalah beberapa gejala yang akan anda rasakan jika anda sudah menderita penyakit katarak tersebut:

  • Pandangan menjadi berkurang karena lensa mata menjadi keruh.
  • Muncul bintik-bintik seperti debu di pandangan mata.
  • Mata menjadi mudah silau jika terkena cahaya.

Sudahkah anda mulai merasakan beberapa gejala tersebut? Bila anda sudah mulai merasakan beberapa gejala tersebut, maka kemungkinan besar anda sudah menderita penyakit katarak sebagai efek penyakit diabetes. Sebenarnya ada cara yang cukup mudah untuk memeriksa apakah anda menderita penyakit katarak atau tidak.

Penderita penyakit katarak biasanya akan memiliki bola mata yang keruh. Bola mata tidak jernih lagi. Selain itu, ada bintik-bintik kecil seperti debu di sekitar bola mata. Namun demikian, untuk lebih memastikannya lagi, anda sebaiknya memeriksakan kesehatan mata di dokter mata jika anda mulai merasakan beberapa gejala tersebut.

Faktor yang Meningkatkan Kemungkinan Seorang Penderita Penyakit DM Untuk Menderita Penyakit Katarak

Memang benar bahwa seorang penderita penyakit diabetes melitus sangat berpotensi menderita penyakit katarak daripada mereka yang non diabetes. Hal tersebut dikarenakan penderita penyakit diabetes melitus biasanya memiliki beberapa faktor pemicu penyakit katarak yang lebih besar.

Inilah beberapa macam faktor yang meningkatkan potensi seorang penderita penyakit diabetes melitus untuk menderita penyakit katarak:

  1. Faktor usia

Katarak memang sering menyerang orang-orang yang sudah lanjut usia. Bagi anda yang sudah lanjut usia dan juga menderita penyakit diabetes melitus, sebaiknya anda mulai rutin memeriksakan kesehatan mata. Namun demikian, anda yang masih tergolong muda dan menderita penyakit diabetes melitus juga berpotensi untuk menderita penyakit katarak tersebut jika memiliki beberapa faktor lainnya.

  1. Faktor berapa lama menderita penyakit diabetes melitus

Seseorang yang menderita penyakit diabetes melitus cukup lama juga rawan mengalami penyakit katarak tersebut. kebanyakan orang yang sudah menderita penyakit diabetes melitus lebih dari 15 tahun sering menderita penyakit katarak.

  1. Faktor kemampuan mengontrol kadar gula darah

Bagi anda yang masih tidak mampu menjaga kadar gula darah agar tidak meningkat secara drastis, maka sebaiknya anda waspada. Karena peningkatan kadar gula darah secara drastis adalah pemicu munculnya penyakit katarak.

Setelah mengetahui gejala dan juga apa saja faktor yang dapat memicu penyakit katarak akibat efek penyakit diabetes tersebut, maka sebaiknya anda mulai mengurangi beberapa faktor tersebut dan juga memeriksakan kesehatan mata anda minimal 1 tahun sekali dan segera atasi dengan pengobatan diabetes melitus terbaru.