Apakah Memang Ada Hubungan Antara Diabetes dan Gangguan Pendengaran?

Penyakit diabetes dan gangguan pendengaran ternyata juga memiliki hubungan yang cukup dekat. Penderita penyakit diabetes melitus memiliki resiko untuk mengalami gangguan atau penurunan pendengaran. Bahkan, penderita diabetes melitus juga bisa saja kehilangan fungsi pendengarannya secara total.

Mungkin anda masih belum mengetahui dengan jelas mengenai obat tradisional diabetes melitus dan apa yang membuat penderita diabetes melitus juga rawan mengalami gangguan pendengaran tersebut. Hubungan antara diabetes dan gangguan pendengaran ini merupakan sebuah fakta. Oleh karena itu, anda yang menderita penyakit diabetes melitus harus lebih berhati-hati.

Karena saat ini, ada masalah baru yang bisa saja anda alami karena penyakit diabetes melitus yang anda derita. Apakah anda ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai mengapa penyakit diabetes melitus dapat menyebabkan gangguan pada pendengaran? Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Mengenal Hubungan Penyakit Diabetes dan Gangguan Pendengaran

gangguan pendengaran

Jika dilihat secara sekilas, memang tampak tidak ada hubungan antara penyakit diabetes dan gangguan pendengaran. Selama ini kita memang belum pernah mendengar bahwa penyakit diabetes melitus bisa menyebabkan masalah pada indra pendengaran. Namun ternyata faktanya berbeda. Komplikasi yang diakibatkan oleh penyakit diabetes melitus ternyata memang bisa menyebabkan gangguan pada pendengaran.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuan Jepang telah menemukan bahwa penyakit diabetes melitus dapat meningkatkan resiko penderitanya untuk mengalami penurunan pendengaran dan bahkan mengalami tuli. Hal yang lebih mengejutkan lagi adalah penderita diabetes melitus yang berusia muda jauh lebih beresiko mengalami penurunan pendengaran akibat diabetes melitus.

Penelitian mengenai hubungan antara penyakit diabetes dan gangguan pendengaran tersebut dilanjutkan oleh peneliti dari US National Institute of Health atau NIH pada tahun 2008 dengan menggunakan 11.000 penderita diabetes melitus sebagai responden. Dari penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari NIH tersebut juga ditemukan hasil yang sama.

Memang benar bahwa mayoritas orang yang menderita penyakit diabetes melitus berpotensi untuk mengalami gangguan pendengaran. Lalu sebenarnya apa yang membuat penderita diabetes melitus jauh lebih berpotensi untuk mengalami gangguan pendengaran jika dibandingkan dengan orang yang tidak menderita penyakit diabetes?

Mengapa Penyakit Diabetes Melitus Dapat Menyebabkan Penurunan Fungsi Organ pendengaran?

Memang benar, bila dilihat sekilas, tampak tidak ada hubungan apapun antara penyakit diabetes dan gangguan pendengaran. Namun ternyata, penyakit diabetes melitus memang dapat merusak pendengaran. Hal tersebut dikarenakan penyakit diabetes melitus adalah penyakit yang dapat merusak pembuluh darah. Ketika kadar gula darah terlalu tinggi, maka ada cukup banyak pembuluh darah yang beresiko mengalami kerusakan.