Adakah Hubungan Antara Diabetes dan Gangguan Kulit?

Penderita penyakit diabetes melitus harus lebih berhati-hati karena adanya hubungan antara diabetes dan gangguan kulit. Penyakit diabetes melitus dapat menyebabkan berbagai macam jenis masalah kulit muncul. Berbagai macam masalah kulit yang dapat dialami oleh seorang penderita penyakit DM tersebut bukanlah masalah kulit biasa.

Jika dibiarkan, maka masalah kulit tersebut bisa menyebabkan berbagai macam masalah lain yang lebih berbahaya. Bagi anda penderita penyakit diabetes melitus, sebaiknya anda mempelajari apa saja masalah kulit yang kemungkinan muncul akibat hubungan antara penyakit diabetes dan gangguan kulit tersebut di sini. Karena dengan mengetahui apa saja masalah kulit tersebut, anda bisa dengan mudah mencegah kemunculannya dengan obat tradisional paling ampuh untuk diabetes.

Beragam Macam Masalah Kulit Akibat Penyakit Diabetes Melitus

kulit

Selama ini memang orang sering mengira bahwa penyakit diabetes melitus hanya bisa menyebabkan masalah kulit seperti infeksi dan juga kemunculan jamur. Namun sebenarnya, masih ada berbagai macam masalah kulit yang muncul akibat penyakit diabetes melitus.

Berikut merupakan beberapa macam jenis masalah kulit tersebut:

  • Memar

Beberapa penderita penyakit diabetes melitus terutama tipe 1 sering mengalami masalah kulit memar dan kebiruan. Hal tersebut biasanya diakibatkan karena suntikan insulin mengenai pembuluh darah.

  • Lipohypertrophy

Masalah kulit yang disebabkan kemunculan timbunan jaringan lemak di tempat bekas suntikan insulin. Oleh sebab itu, sebaiknya lokasi penyuntikan insulin berpindah-pindah agar masalah kulit ini tidak muncul.

  • Lipoatropi

Berbeda dengan lipohypertrophy, lipoatropi ini adalah menghilangnya jaringan lemak di bawah kulit. Sampai saat ini masih belum begitu jelas mengenai faktor penyebabnya. Namun diperkirakan masalah ini muncul karena alergi insulin.

  • Infeksi jamur

Infeksi jamur sering sekali muncul dan membahayakan penderita penyakit DM. Biasanya masalah ini sering sekali muncul di sela-sela jari kaki yang basah. Jika dibiarkan begitu saja, masalah ini bisa menyebabkan pembusukan.

  • Acanthosis nigricans

Masalah kulit satu ini sering diderita oleh penderita penyakit DM tipe 2 yang masih berumur cukup muda. Masalah kulit ini menyebabkan munculnya timbunan pigmen kulit berwarna gelap di belakang leher dan juga ketiak.

  • Xanthelasma

Munculnya timbunan lemak berwarna putih kekuningan di kelopak mata. Masalah kulit satu ini muncul sebagai penanda bahwa kadar lemak di dalam tubuh cukup tinggi.

  • Penebalan kulit

Bagi seseorang yang sudah cukup lama menderita penyakit DM, biasanya mereka akan mengalami penebalan kulit.

Mengenal Hubungan Diabetes dan Gangguan Kulit

Pasti ada beberapa dari anda yang merasa penasaran mengapa penyakit diabetes melitus dapat memicu munculnya berbagai macam jenis masalah kulit. Penyakit diabetes melitus memang adalah jenis penyakit yang dapat memicu berbagai macam masalah. Bahkan penyakit diabetes dan gangguan kulit juga dibuktikan memiliki hubungan yang cukup erat.

Masalah kulit dapat dialami oleh penderita penyakit DM karena berbagai macam faktor seperti:

  • Komplikasi penyakit diabetes melitus

Komplikasi penyakit DM dapat menyebabkan berbagai macam masalah baru dan salah satunya adalah masalah kulit.

  • Efek negatif dari obat-obatan yang diminum penderita penyakit DM

Munculnya masalah kulit bisa saja terjadi karena efek negatif dari obat-obatan yang diminum oleh penderita penyakit DM.