Menu Makanan Untuk Penyakit Diabetes yang Benar dan Tepat

Makanan untuk penyakit diabetes melitus memang seharusnya tidak disamakan dengan menu makanan pada umumnya. Karena memang penyakit diabetes melitus akan semakin mudah diatasi jika penderitanya benar-benar tahu dalam memilih obat herbal diabetes terbaik dan mengatur menu makanannya.

Menjaga pola makan dinyatakan sebagai salah satu cara paling efektif untuk mengontrol kadar gula darah. Namun sayangnya, masih banyak penderita diabetes melitus yang enggan mengatur pola makan karena berbagai macam alasan.

Alasan yang paling umum mengapa banyak penderita diabetes melitus tidak mengatur pola makan adalah karena mereka berfikir bahwa makanan yang diperbolehkan dikonsumsi oleh penderita diabetes sangatlah sedikit dan tidak sesuai dengan selera kebanyakan orang.

Apakah benar variasi makanan untuk penyakit diabetes melitus terlalu sedikit dan memiliki rasa yang kurang nikmat? Mari kita pelajari lebih lanjut fakta mengenai makanan untuk penderita penyakit diabetes tersebut di artikel ini.

Seperti Apa Sebenarnya Menu Makanan Untuk Penyakit Diabetes Melitus Itu?

Menu Makanan Untuk Penyakit Diabetes

Penderita diabetes melitus masih diperbolehkan makan sebanyak 3 kali dalam sehari. Selain makan besar, penderita diabetes melitus juga bisa memakan makanan kecil di sela-sela jam makan besar. Makanan untuk penyakit diabetes melitus yang paling disarankan oleh dokter memang adalah buah-buahan dan juga sayuran. Karena memang dengan mengkonsumsi banyak serat, maka kadar gula darah akan semakin mudah dikontrol.

Tetapi meskipun penderita diabetes memang disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran, tidak semua jenis sayuran dan buah-buahan boleh dikonsumsi terus menerus oleh penderita diabetes. Buah-buahan yang dinyatakan aman dikonsumsi terus menerus oleh penderita diabetes melitus adalah seperti buah apel, strawberry, alpukat, tomat, dan pir.

Selain itu, penderita diabetes melitus juga tidak disarankan untuk memakan jenis sayuran yang memiliki banyak kandungan karbohidrat. Penderita DM lebih disarankan memakan sayuran yang memiliki kandungan karbohidrat sangat sedikit seperti gambas, jamur, kangkung, kecipir, labu air, lobak, timun, terong, dan juga kembang kol.

Pro Kontra Masalah Cemilan Untuk Penderita Diabetes

Ya, selama ini ada banyak sekali pro kontra masalah bolehkah penderita diabetes melitus menikmati makanan kudapan di waktu luangnya. Penderita diabetes melitus boleh menikmati makanan kudapan atau snack di waktu luang atau di antara jam makan besar. Namun ingat, makanan kudapan atau snack yang akan dikonsumsi oleh penderita diabetes tetap perlu diatur.

Penderita diabetes melitus memang tidak diperbolehkan menikmati berbagai macam cemilan seperti keripik kentang dan berbagai macam cemilan umum. Makanan cemilan untuk penderita diabetes melitus haruslah yang tidak mengandung bahan kimia, banyak mengandung serat, dan juga tidak mengandung banyak kandungan karbohidrat dan juga gula.

Cemilan yang paling sesuai dengan kriteria tersebut adalah buah-buahan. Buah-buahan sangat cocok dijadikan makanan cemilan bagi penderita diabetes melitus karena selain kaya akan vitamin, buah juga mengandung serat dan bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Makanan Nikmat yang Diperbolehkan Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Penderita diabetes melitus sering tidak bisa mengatur pola makan karena makanan untuk penyakit diabetes tidak senikmat makanan pada umumnya. Benarkah tidak ada makanan untuk penderita penyakit diabetes yang nikmat? Bila selama ini anda berfikiran seperti itu, maka cobalah 10 menu makanan berikut ini:

  • Coklat hitam

Coklat hitam adalah makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. coklat hitam memiliki kandungan zat flavonoid yang bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah. Selain itu, coklat hitam juga mampu membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Namun ingat, pastikan untuk memilih coklat hitam yang sama sekali tidak mengandung gula. Karena coklat hitam yang mengandung gula jelas akan sangat buruk jika dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

  • Selai kacang

Selai kacang juga boleh dinikmati oleh penderita diabetes melitus. Selai kacang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Kandungan serat memang sudah terbukti mampu membantu mengontrol kadar gula darah. Namun meskipun selai kacang kaya akan serat, penderita diabetes melitus tetap harus mengingat bahwa di dalamnya juga terkandung lemak. Oleh sebab itu, konsumsi selai kacang juga harus dibatasi.

  • Salmon

Salmon sangatlah baik menjadi makanan untuk penyakit diabetes. Salmon memiliki kandungan protein yang tinggi dan selain itu, salmon juga bebas dari lemak jahat. Hal yang lebih menarik lagi dari salmon adalah memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kepekaan sel untuk menerima glukosa yang dibawa oleh insulin, dan juga menjaga kesehatan tulang.

  • Tuna

Tuna merupakan pengganti ikan salmon bagi penderita diabetes melitus. Karena ikan tuna memiliki kebaikan yang sama seperti ikan salmon bagi penderita diabetes melitus.

  • Susu

Susu baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus karena kaya akan vitamin D. Vitamin D selain baik untuk menjaga kesehatan tulang, juga sangat bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan seseorang untuk menderita penyakit diabetes melitus.

  • Kacang polong

Kacang polong adalah makanan untuk penderita penyakit diabetes terutama yang memiliki masalah kelebihan berat badan. Karena kacang polong mampu membantu menurunkan berat badan sekaligus menjaga agar kadar gula darah tetap stabil.

  • Oats

Oats adalah makanan yang sangat baik untuk penderita diabetes melitus. Alasannya adalah karena oats memiliki kandungan serat yang sangat berlimpah. Kandungan serat yang ada di dalam oats sangat membantu dalam mengontrol kadar gula darah dan menurunkan kemungkinan menderita penyakit jantung.

  • Bawang putih

Bawang putih bisa dikatakan memiliki kandungan yang sangat baik untuk penderita diabetes melitus. Kandungan potasium di dalam bawang putih dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan kandungan zinc dan sulfur di dalamnya juga dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah.

  • Biji rami

Biji rami juga tidak kalah bermanfaat untuk penderita diabetes melitus. Biji rami memiliki kandungan ALA yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

  • Kenari

Kenari juga memiliki kandungan ALA seperti biji rami. Namun konsumsi kenari juga harus diatur. Penderita diabetes melitus disarankan tidak mengkonsumsi kenari lebih dari 2 ons setiap hari. Karena selain kaya akan kandungan ALA, kenari juga memiliki kandungan kalori.

Makanan yang Buruk Bagi Penderita Diabetes Melitus

Setelah mengetahui berbagai macam makanan untuk penyakit diabetes yang memiliki rasa nikmat, andapun perlu mengetahui berbagai macam makanan yang sebaiknya dihindari. Karena meskipun memiliki rasa nikmat, makanan tersebut dapat memperburuk kesehatan penderita diabetes melitus.

Berikut ini adalah berbagai macam makanan yang buruk untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus:

  • Jenis sayuran yang perlu dihindari oleh penderita diabetes melitus

Diawal artikel memang kami sudah menginformasikan bahwa sayuran sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus asalkan sayuran tersebut tidak mengandung karbohidrat yang terlalu banyak. Namun selain karbohidrat, sayuran yang mengandung sodium juga sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes melitus.

Sayuran yang banyak mengandung sodium adalah sayuran yang dikemas dalam kaleng. Alasan mengapa sayuran yang dikemas dalam kaleng sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus adalah karena dapat memicu masalah tekanan darah tinggi.

  • Makanan sumber karbohidrat yang berbahaya bagi penderita diabetes

Memang benar bahwa penderita diabetes melitus sebaiknya tidak memakan terlalu banyak makanan yang mengandung karbohidrat terutama karbohidrat sederhana. Ada beberapa macam makanan sumber karbohidrat yang sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Makanan yang mengandung karbohidrat yang berbahaya bagi penderita diabetes melitus tersebut antara lain seperti tepung terigu, roti berbahan dasar terigu, kentang goreng, beras putih, dan juga sereal.

  • Makanan sumber protein yang berbahaya bagi penderita diabetes melitus

Protein memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun bagi penderita diabetes melitus, sebaiknya berhati-hati dalam memilih makanan sumber protein. Karena ada beberapa makanan sumber protein yang justru sangat membahayakan kesehatan jika sampai dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Beberapa macam makanan sumber protein yang berbahaya bagi penderita diabetes melitus adalah yang melewati proses penggorengan dengan menggunakan minyak panas. Selain itu, sebaiknya penderita diabetes melitus tidak memakan daging-dagingan yang berwarna merah.

  • Buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes melitus

Sama halnya seperti sayuran, buah-buahan memang masuk dalam daftar makanan untuk penyakit diabetes. Namun ada beberapa macam buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Buah yang dikemas dalam kaleng dan sudah diolah menggunakan bahan-bahan yang mengandung gula sebaiknya dihindari.

Selain itu, penderita diabetes melitus juga sebaiknya tidak memakan buah-buahan yang memiliki nilai indeks glikemik tinggi seperti sawo, durian, mangga, pisang ambon, kurma, rambutan, duku, dan kelengkeng.

  • Jenis susu dan olahannya yang sebaiknya tidak dikonsumsi penderita diabetes melitus

Susu memang masuk sebagai daftar makanan untuk penderita diabetes melitus. Namun penderita diabetes melitus harus jeli dalam memilih susu. Susu dan produk olahan yang mengandung lemak sebaiknya tidak dikonsumsi. Produk olahan susu yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus adalah seperti yogurt, ice cream, dan juga susu UHT,

  • Minuman yang memperburuk kesehatan penderita diabetes melitus

Selain susu dan produk olahannya, ada juga beberapa macam jenis minuman lain yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Minuman yang mengandung soda dan juga gula adalah contoh minuman yang membahayakan kesehatan penderita diabetes melitus.

  • Makanan yang tinggi kandungan lemaknya

Penderita diabetes melitus yang ingin menjaga kesehatan tubuhnya juga perlu menghindari memakan makanan yang tinggi kandungan lemak seperti mayonnaise, salad dressing, keripik kentang, minyak babi, dan juga keripik jagung.

  • Makanan yang mengandung MSG dan pengawet

Mayoritas orang pasti sangat menyukai makanan yang lezat terutama makanan cepat saji. Namun sebaiknya penderita diabetes melitus tidak mengkonsumsi makanan tersebut lagi. Karena mayoritas makanan tersebut memiliki kandungan yang berbahaya seperti MSG dan juga pengawet.

Diet Rendah Kalori, Bermanfaatkah Bagi Penderita Diabetes?

Sering kita dengar mengenai diet rendah kalori. Namun apakah metode diet rendah kalori tersebut benar-benar memberikan efek positif khususnya bagi penderita diabetes? Diet rendah kalori memang dapat memberikan manfaat yang cukup besar jika dilakukan secara disiplin oleh penderita diabetes melitus.

Mengatur menu makanan untuk penyakit diabetes menggunakan metode diet rendah kalori bahkan dapat memberikan manfaat jangka panjang dan juga jangka pendek bagi penderita diabetes. Berikut ini adalah manfaat jangka pendek yang bisa dirasakan oleh penderita diabetes melitus setelah mampu mendisiplinkan diri menjalankan metode diet rendah kalori:

  • Menurunkan dengan cepat dan mempercepat pengeluaran glikogen dari organ hati.
  • Membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil dan juga mengurangi gejala-gejala penyakit diabetes melitus.

Bila penderita diabetes melitus mampu mendisiplinkan diri untuk terus melakukan diet rendah kalori, maka mereka bisa merasakan beberapa manfaat jangka panjang seperti:

  • Meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh.
  • Mengatasi masalah penurunan kepekaan insulin di dalam tubuh.
  • Menurunkan resiko untuk mengalami aterosklerosis atau penyempitan dan pengerasan saluran pembuluh darah.
  • Menurunkan kadar gula dan juga tekanan darah secara nyata.

 

Makanan Berkarbohidrat yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Sebelumnya kami sudah menjelaskan bahwa penderita diabetes melitus sebaiknya tidak memakan makanan yang mengandung karbohidrat. Mayoritas makanan karbohidrat yang dikonsumsi kebanyakan orang adalah makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Karena mengandung karbohidrat sederhana, maka makanan tersebut sangat tidak cocok dikonsumsi oleh penderita DM.

Hal tersebut disebabkan karena karbohidrat sederhana akan sangat cepat dirubah menjadi glukosa di dalam tubuh. Oleh sebab itulah, makanan untuk penyakit diabetes melitus yang paling disarankan adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Apa saja makanan berkarbohidrat kompleks yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus tersebut?

Berikut adalah contohnya:

  • Beras merah

Beras merah sangat kaya akan karbohidrat kompleks dan juga serat. Selain itu, beras merah juga memiliki kandungan vitamin B yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

  • Beras hitam

Beras hitam mampu membantu penderita diabetes melitus untuk mengontrol kadar gula darah. Karena memang beras hitam memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

  • Beras coklat

Beras coklat merupakan varian yang sama seperti beras putih yang kebanyakan kita konsumsi. Perbedaan beras coklat dan beras putih adalah beras coklat melewati proses penggilingan lebih sedikit sehingga masih memiliki lebih banyak serat dibandingkan dengan beras putih.

  • Roti gandum

Roti gandum memang sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Selain kaya akan serat, roti gandum juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Namun pastikan untuk memilih roti gandum tanpa gula. Selain itu, pastikan hanya mengkonsumsi roti gandum yang terbuat dari tepung whole wheat. Periksa kemasan sebelum membeli. Karena umumnya tertulis whole wheat di kemasan roti gandum.

Makanan Manis yang Diperbolehkan Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Makanan Manis yang Diperbolehkan Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Ya, penderita diabetes melitus masih diperbolehkan memakan makanan yang memiliki rasa manis. Mungkin sebagian dari anda kebingungan mengenai hal ini. Untuk memperjelasnya, penderita diabetes melitus memang diperbolehkan memakan makanan yang manis asalkan pemanis yang digunakan adalah pemanis alami.

Berikut ini adalah 2 macam pemanis alami yang aman digunakan sebagai pemanis makanan untuk penyakit diabetes:

  • Gula aren

Alasan mengapa gula aren diperbolehkan digunakan sebagai pemanis makanan untuk penderita penyakit diabetes adalah karena proses pembuatan gula aren sangatlah alami. Karena itulah, gula aren sama sekali tidak berbahaya dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  • Gula stevia

Gula stevia bukan hanya pemanis yang diperbolehkan digunakan sebagai pemanis makanan untuk penyakit diabetes melitus. Gula stevia justru dapat memberikan manfaat lebih jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan serat di dalam gula stevia. Namun meskipun kedua jenis pemanis alami tersebut aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, sebaiknya penggunaan pemanis alami tersebut tetap dibatasi.

Lemak, Musuh atau Teman?

Banyak orang menganggap lemak sebagai kandungan yang berbahaya bagi kesehatan. Namun apakah hal tersebut benar? Meskipun kami mengatakan bahwa di dalam makanan untuk penyakit diabetes sebaiknya benar-benar bebas dari lemak, namun bukan berarti lemak adalah kandungan yang berbahaya.

Lemak yang membahayakan kesehatan tubuh adalah lemak jahat yang mayoritas ada di dalam makanan yang nikmat rasanya. Di dalam tubuh kita sebenarnya ada 3 macam jenis lemak yang sangat bermanfaat. Ketiga jenis lemak tersebut adalah kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL), dan trigliserida. Masing-masing jenis lemak tersebut memiliki fungsi yang sangat penting di dalam tubuh kita.

Berikut adalah fungsi dari masing-masing jenis lemak tersebut:

  • Kolesterol adalah jenis lemak yang bermanfaat sebagai bagian penting pada dinding saluran pembuluh darah, bahan baku pembuat hormon (testosterone, kortisol, dan estrogen), selain itu, kolesterol juga dibutuhkan untuk membentuk asam empedu di dalam organ hati.
  • Trigliserida juga merupakan jenis lemak yang sangat bermanfaat di dalam tubuh. Trigliserida memberikan manfaat sebagai penghangat tubuh, menjadi sumber energi, dan juga melindungi organ-organ penting di dalam tubuh.

Lalu mengapa ketiga jenis lemak tersebut dapat membahayakan kesehatan tubuh? Trigliserida, kolesterol jahat, dan kolesterol baik akan membahayakan kesehatan tubuh ketika jumlahnya tidak seimbang lagi. Penderita diabetes melitus umumnya memiliki kadar trigliserida dan kolesterol jahat cukup tinggi sedangkan kadar kolesterol baik sangat rendah.

Protein yang Baik Untuk Penderita Diabetes Melitus

Sama halnya seperti lemak, protein juga merupakan kandungan yang sangat penting di dalam tubuh. Namun demikian, penderita diabetes melitus sebaiknya berhati-hati dalam memilih menu makanan berprotein. Protein dalam makanan untuk penderita penyakit diabetes sebaiknya dipilih yang benar-benar rendah lemak seperti dari kacang-kacangan dan juga dari ikan laut. Khusus untuk ikan laut, lebih baik memilih beberapa jenis ikan seperti ikan kakap merah, ikan kembung, dan ikan layang.

Karena jenis ikan laut tersebut masih tergolong alami. Makanan untuk penyakit diabetes sebaiknya tidak mengandung daging-dagingan yang berwarna merah seperti daging sapi, daging kambing, dan juga beberapa macam daging lain. Selain itu, perhatikan juga cara memasak yang benar. Karena menu makanan yang sehat bisa membahayakan jika dimasak dengan cara yang salah.

Cara Memasak Makanan Untuk Penyakit Diabetes

Cara memasak makanan untuk penyakit diabetes sebenarnya bisa juga digunakan untuk semua orang. Karena intinya, cara memasak disini adalah menjaga agar bahan makanan yang sehat tidak berubah menjadi berbahaya setelah dimasak. Lalu apa manfaat dari memasak makanan dengan cara yang benar terutama dalam mempersiapkan makanan untuk penderita penyakit diabetes?

Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  • Makanan yang dimasak dengan cara yang sehat dan menggunakan bahan yang sehat akan sangat membantu mengurangi gejala-gejala diabetes melitus.
  • Makanan tersebut juga dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi bagi penderita diabetes.
  • Selain itu, memakan makanan yang dimasak dengan cara yang sehat dan dipilih dari bahan-bahan yang sehat juga akan meningkatkan efek dari terapi herbal yang digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes.

Bagaimana cara memasak makanan untuk penyakit diabetes yang benar dan sehat tersebut? Cara memasak makanan yang sehat khususnya untuk penderita diabetes melitus adalah dengan cara dikukus, dipepes, dan direbus. Makanan yang dimasak dengan cara digoreng sangatlah berbahaya.

Karena dalam proses penggorengan, khususnya makanan yang mengandung protein akan mengeluarkan zat karsinogen yang dapat memicu penyakit kanker. Mulai sekarang, sebaiknya pilihlah makanan yang sehat sekaligus olah dengan cara yang sehat. Dengan begitu, maka anda yang belum menderita penyakit diabetes melitus bisa semakin mudah mencegahnya dan bagi anda yang menderita penyakit tersebut akan semakin mudah mengatasinya.