Cara Memilih dan Memasak Sayur Untuk Penderita Diabetes

Sayur untuk penderita diabetes ternyata harus dipilih dan dipersiapkan dengan tepat. Selama ini kebanyakan dari kita berpikir bahwa sayuran merupakan makanan paling sehat bagi penderita DM. Namun kenyataannya, sayur bisa saja membahayakan penderita diabetes melitus. Apa sebenarnya yang menentukan sayur berbahaya atau tidaknya untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus?

Ternyata memang ada beberapa macam faktor yang mempengaruhi apakah sayur baik atau buruk jika dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Jika anda adalah salah satu dari penderita diabetes melitus, maka kami sarankan anda untuk mempelajari mengenai apa yang mempengaruhi baik buruknya sayur untuk penderita diabetes tersebut di sini.

 

2 Macam Faktor yang Menentukan Baik Buruknya Sayur Untuk Penderita Diabetes

 

Faktor yang Menentukan Baik Buruknya Sayur Untuk Penderita DiabetesMungkin saja ada beberapa dari anda yang merasa bingung bahwa ternyata tidak semua sayur baik untuk penderita diabetes melitus. Ya, memang tidak semua sayur baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Ada 2 macam faktor yang menentukan baik atau buruknya sayur untuk penderita diabetes tersebut. Berikut adalah kedua macam faktor tersebut:

1.) Faktor jenis sayuran

Tahukah anda bahwa ada beberapa jenis sayur yang memiliki karbohidrat lebih tinggi? Ya, karbohidrat adalah satu kandungan yang sebaiknya dikurangi oleh penderita DM. Karena karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah. Beberapa jenis sayuran yang dinyatakan memiliki karbohidrat yang cukup tinggi tersebut adalah: bayam, buncis, daun melinjo, daun pepaya, nangka muda, daun singkong, kacang panjang, kacang kapri, labu siyem, dan juga wortel.

Untuk penderita DM lebih disarankan untuk memilih sayuran seperti: gambas, jamur, kembang kol, kecipir, mentimun, rebung, terong, labu air, dan juga lobak. Karena sayuran tersebut memang tidak mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Sayuran tersebut hanya mengandung karbohidrat sebesar 3% saja.

2.) Faktor proses memasak

Proses memasak sayur juga mempengaruhi apakah sayuran tersebut baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Jika diproses menggunakan metode yang salah, sayuran yang dinyatakan baik untuk penderita DM pun bisa membahayakan. Oleh sebab itu, pastikan anda memasak sayuran dengan cara yang benar. Untuk anda yang belum jelas mengenai bagaimana cara memasak sayur untuk penderita diabetes, anda juga bisa mempelajarinya di sini.

 

Cara Memasak Sayuran yang Sehat Untuk Penderita Diabetes Melitus

 

Proses memasak sayuran juga memegang kunci dalam menentukan apakah sayuran tersebut baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Oleh sebab itu, pelajari dan praktekkan metode memasak yang benar berikut ini: Pastikan untuk tidak memasak sayuran dengan menggunakan bahan-bahan yang mengandung lemak trans atau lemak jenuh seperti margarin, mentega, atau minyak kelapa.

Sayur untuk penderita diabetes lebih disarankan untuk dimasak menggunakan cara dipepes, dikukus, atau direbus. Karena memang cara tersebut dapat menjaga sayuran tetap menyehatkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Jangan lupa untuk mengkonsumsi obat tradisional diabetes kering agar segera terbebas dari penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *