Berbagai Macam Pemanis Alami Makanan utk Penderita Diabetes

Tahukah anda bahwa ada beberapa macam pemanis alami makanan utk penderita diabetes? Mungkin ada beberapa dari anda yang merasa bingung mengenai hal tersebut. Karena memang selama ini kebanyakan penderita diabetes menganggap bahwa mereka sama sekali tidak diperbolehkan memakan atau meminum yang manis-manis.

Sebenarnya, penderita diabetes melitus boleh saja menikmati makanan maupun minuman yang manis. Yang tidak diperbolehkan adalah jika pemanis yang digunakan adalah pemanis yang membahayakan kesehatan penderita DM. Jika pemanis yang digunakan memang aman dan tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah, maka penderita DM boleh saja menggunakannya.

Namun ingat, anda tetap harus mengontrol penggunaan pemanis tersebut meskipun tergolong aman. Sudah tahukah anda mengenai apa saja pemanis alami makanan utk penderita diabetes tersebut? Anda masih belum mengetahui apa saja obat herbal penyakit diabetes melitus dan pemanis yang aman untuk penderita DM? Baca mengenai apa saja pemanis yang aman untuk penderita DM tersebut di sini.

 

Apa Saja Pemanis Alami Makanan utk Penderita Diabetes?

 

Pemanis Alami MakananAda 2 macam pemanis alami yang boleh digunakan oleh penderita diabetes melitus. Kedua macam pemanis alami tersebut adalah gula aren dan juga gula stevia. Gula aren memang sudah cukup dikenal di Indonesia. Karena gula aren merupakan salah satu gula yang masih dibuat dengan bahan dan juga cara tradisional.

Sedangkan gula stevia memang masih belum begitu dikenal di Indonesia karena memang bahan bakunya juga tidak ada di Indonesia. Gula stevia adalah gula yang dihasilkan dari tumbuhan stevia. Gula stevia juga sama amannya dengan gula aren. Oleh sebab itu, dua macam gula tersebut bisa digunakan oleh penderita DM.

Namun mungkin masih ada beberapa dari anda yang ingin mengetahui sebenarnya mengapa gula aren dan juga gula stevia tersebut boleh digunakan pada makanan utk penderita diabetes. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengapa gula aren dan gula stevia sangat aman digunakan oleh penderita DM:

1.) Gula aren dan juga gula stevia dibuat dari bahan alami dan juga diproses tanpa menggunakan bahan kimia apapun.

2.) Gula aren dan gula stevia memang memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga tidak memicu peningkatan kadar gula darah saat dikonsumsi oleh penderita DM.

 

Apakah Madu Juga Aman Digunakan Sebagai Pemanis?

 

Jika berbicara soal alami, maka madu juga merupakan salah satu pemanis alami. Namun mengapa madu tidak disebutkan sebagai pemanis yang aman digunakan pada makanan utk penderita diabetes? Madu murni memang sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Selain aman, madu murni juga dapat memberikan banyak sekali manfaat.

Namun berbeda jika madu sudah dicampur dengan air dan juga gula pasir. Madu sudah tidak lagi aman dan bermanfaat jika dikonsumsi oleh penderita DM. Mayoritas madu yang dijual saat ini sudah bukan madu murni. Mayoritas madu sudah dicampur dengan minimal air dan juga gula pasir. Oleh sebab itulah, madu tidak lagi dinyatakan sebagai pemanis yang aman digunakan pada makanan utk penderita diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *