Apa Saja Pengganti Makanan Karbohidrat Untuk Penderita Diabetes?

Sudahkah anda mengetahui efek buruk dari makanan karbohidrat untuk penderita diabetes? Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti nasi dan juga roti bukanlah makanan yang baik untuk penderita diabetes melitus. Karena ternyata, nasi dan juga roti justru dapat meningkatkan kadar gula darah jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Mengapa nasi dan roti justru berpotensi meningkatkan kadar gula darah?

Semua itu dikarenakan kandungan karbohidrat sederhana yang ada di dalam nasi dan juga roti. Karbohidrat sederhana adalah kandungan yang tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk diproses menjadi energi. Karena bisa dikatakan cukup cepat dirubah menjadi energi, makanan yang mengandung karbohidrat sederhana justru dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak. Karena memang karbohidrat adalah kandungan yang akan berubah menjadi glukosa di dalam tubuh.

Lalu jika memang makanan karbohidrat untuk penderita diabetes sangatlah buruk, apakah ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut? Untuk mencegah peningkatan kadar gula darah, penderita diabetes melitus memang disarankan untuk mengkonsumsi obat herbal untuk diabetes kering dan tidak lagi memakan makanan yang kaya akan karbohidrat sederhana. Cek apa saja makanan pengganti makanan yang mengandung karbohidrat sederhana untuk penderita diabetes melitus di artikel ini.

3 Macam Makanan Pengganti Makanan Karbohidrat Untuk Penderita Diabetes

Makanan Pengganti Makanan Karbohidrat

Penderita diabetes melitus memang sejak dari awal sudah disarankan untuk tidak lagi memakan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Hal tersebut dilakukan mengingat bahayanya kandungan karbohidrat untuk penderita diabetes. Lalu apa saja makanan yang bisa menggantikan makanan yang mengandung karbohidrat tersebut? Penderita DM disarankan untuk memakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat seperti:

1.) Roti gandum

Roti gandum adalah makanan pengganti pertama yang disarankan untuk penderita diabetes melitus. Roti gandum tidak hanya mengandung karbohidrat kompleks saja, roti gandum juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan karbohidrat kompleks memang jauh lebih baik dari kandungan karbohidrat sederhana yang ada di dalam nasi dan roti.

Karbohidrat kompleks jauh lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga tidak menyebabkan penambahan gula di dalam darah. Selain itu, serat yang ada di dalam roti gandum juga dapat meningkatkan kepekaan sel di dalam tubuh dalam menerima insulin.

2.) Sayuran

Sayuran juga merupakan makanan pengganti yang baik bagi penderita diabetes melitus. Mengapa? Meskipun tidak memiliki kandungan karbohidrat kompleks seperti roti gandum, sayuran masih memiliki kandungan karbohidrat. Namun kandungan karbohidrat yang ada di dalam sayuran tidaklah setinggi nasi dan roti. Selain itu, sayuran juga mengandung serat yang sangat baik dalam meningkatkan kepekaan sel tubuh dalam menerima insulin.

3.) Buah

Buah juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Karena selain memiliki kandungan serat yang tinggi, buah juga memiliki kandungan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Roti Gandum

Roti gandum memang adalah salah satu makanan pengganti makanan karbohidrat untuk penderita diabetes. Namun tidak semua roti gandum baik untuk penderita diabetes melitus. Perhatikan beberapa hal berikut ini ketika anda membeli roti gandum:

1.) Jangan memakan roti gandum yang memiliki kandungan gula di dalamnya. Karena roti gandum yang memiliki kandungan gula sama sekali tidak memberikan manfaat bagi penderita diabetes melitus.

2.) Pastikan hanya memakan roti gandum jenis whole grain. Karena roti gandum whole grain benar-benar hanya mengandung gandum murni. Berbeda dengan roti gandum whole wheat. Roti gandum whole wheat kebanyakan masih memiliki kandungan tepung.