Apa Saja Makanan yang Baik Untuk Diabetes?

Penderita diabetes melitus yang sudah cukup parah seharusnya mulai memakan makanan yang baik untuk diabetes. Karena penelitian telah membuktikan bahwa dengan obat tradisional penyakit diabetes melitus dan merubah pola makan, seorang penderita diabetes dapat lebih mudah mengontrol penyakit yang dideritanya.

Selain dapat menjaga agar glukosa di dalam darah cenderung lebih stabil, mengatur pola makan juga dapat mengurangi resiko munculnya berbagai macam penyakit akibat komplikasi kronis penyakit diabetes melitus. Makanan yang baik untuk diabetes tidak hanya cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus saja.

Anda yang bahkan tidak menderita penyakit diabetes juga akan mendapatkan manfaat yang sangat baik dengan merubah pola makan anda. Seperti apakah pola makan yang dianjurkan bagi penderita penyakit diabetes melitus itu? Dapatkan info lengkapnya di sini.

Memulai Hidup Sehat Dengan Menu Makanan yang Baik Untuk Diabetes

menu makanan yang bauik

Menu makanan yang baik untuk diabetes adalah menu makanan yang sangat sederhana. Karena untuk menghindari berbagai macam penyakit akibat komplikasi penyakit DM, penderita diabet justru disarankan hanya memakan makanan yang tinggi serat dan rendah lemak.

Manfaat apa yang bisa anda dapatkan dengan merubah pola makan dengan makanan yang tinggi serat dan rendah lemak tersebut? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

  • Manfaat memakan makanan rendah lemak bagi penderita DM

Makanan rendah lemak sangat disarankan dikonsumsi oleh penderita DM karena hal tersebut jelas akan mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh. Penumpukan lemak di dalam tubuh akan meningkatkan potensi terjadinya penyempitan pada pembuluh darah.

Penyempitan pembuluh darah akan memicu munculnya penyakit kolesterol dan juga stroke. Oleh sebab itu, mulailah rutin memakan makanan rendah lemak seperti: tahu, nasi, roti gandum, pepaya, brokoli, dan juga kacang merah.

  • Manfaat memakan makanan tinggi serat bagi penderita DM

Selain makanan rendah lemak, penderita DM juga sangat disarankan untuk banyak memakan makanan tinggi serat. Karena makanan tinggi serat tidak hanya dapat melancarkan buang air besar saja. Makanan tinggi serat juga dapat meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh.

Sistem metabolisme yang bekerja secara maksimal akan sangat membantu mengurangi lemak yang ada di dalam tubuh. Beberapa macam jenis makanan tinggi serat yang sebaiknya mulai anda konsumsi adalah seperti padi-padian, kacang-kacangan, sayuran, dan juga buah-buahan.

Berbagai Macam Makanan yang Sebaiknya Mulai Dikurangi Bagi Penderita DM

Ada makanan yang baik untuk diabetes dan ada juga makanan yang buruk bagi penderita DM. Makanan-makanan yang dikatakan buruk bagi penderita DM tersebut adalah makanan yang dapat meningkatkan resiko seorang penderita DM untuk mengalami komplikasi penyakit. Beberapa macam makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita DM tersebut adalah jeroan, daging-dagingan, udang, kepiting, dan juga kerang.

Karena mayoritas dari makanan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, sebaiknya penderita DM juga berhati-hati dalam memilih suplemen fiber. Karena ada beberapa produk suplemen yang masih menggunakan pemanis buatan. Jika anda hendak menggunakan suplemen fiber untuk menambah asupan serat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.