Amankah Jus Buah Untuk Orang Diabetes?

Amankah jus buah untuk orang diabetes? Selama ini memang kita mengetahui bahwa buah memang sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Meskipun memang buah memiliki kandungan glukosa, namun kandungan tersebut sama sekali tidak mempengaruhi kadar gula darah.

Namun apakah hal tersebut masih sama jika buah diolah menjadi jus buah? Apakah penderita diabetes melitus diperbolehkan meminum jus buah? Bermanfaat atau tidaknya jus buah untuk orang diabetes melitus tergantung dari bagaimana proses pengolahan dan juga pemilihan buah yang diolah.

Karena jika sampai buah yang diolah adalah buah yang tergolong dalam buah yang memiliki indeks glikemik sedang dan diproses dengan cara yang salah, jelas jus buah sangatlah tidak aman untuk penderita diabetes melitus. Mau tahu seperti apa proses pengolahan jus buah yang salah dan apa saja buah yang memiliki indeks glikemik sedang tersebut? Pelajari semuanya di sini.

Contoh Pengolahan Jus Buah Untuk Orang Diabetes yang Salah

Jus Buah Untuk Orang Diabetes yang Salah

Tentunya mayoritas dari anda penderita diabetes melitus sudah sangat mengetahui bahwa pemanis merupakan musuh besar bagi anda. Mengapa? Karena penggunaan pemanis dapat memicu peningkatan kadar gula darah. Lalu apa hubungannya dengan jus buah untuk orang diabetes?

Jika diperhatikan, sering kali orang menambahkan pemanis seperti gula pasir pada saat pengolahan buah segar menjadi jus buah. Pengolahan jus buah menggunakan gula pasir adalah salah satu contoh pengolahan jus buah yang salah. Selain itu, pemilihan buah yang salah juga akan semakin membahayakan penderita diabetes melitus yang meminum jus buah tersebut nantinya.

Ada beberapa buah yang memang memiliki indeks glikemik sedang. Jika diolah menjadi jus buah dan ditambahkan gula pasir, maka jelas jus buah tersebut beresiko meningkatkan kadar gula darah. Berhati-hatilah dalam mengolah beberapa buah seperti nanas, nangka, sawo, mangga, durian, dan juga pisang.

Karena buah-buahan tersebut sudah memiliki glukosa yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan buah lain. Bila anda tidak ingin mengambil resiko, sebaiknya kami sarankan anda memilih buah-buahan seperti jeruk, apel, pir, stroberi, dan juga alpukat untuk diolah menjadi jus buah. Karena buah-buahan tersebut memiliki indeks glikemik rendah.

2 Jenis Gula yang Aman Digunakan Oleh Penderita Diabetes Melitus

Memang jus buah tanpa gula akan terasa hambar jika anda belum terbiasa meminumnya. Terkadang hal tersebut membuat penderita diabetes melitus menjadi kurang bisa menikmati jus buah. Bila memang anda belum terbiasa meminum jus buah untuk orang diabetes yang sama sekali tidak menggunakan gula, maka anda bisa mencoba menambahkan sedikit gula aren maupun gula stevia.

2 jenis gula tersebut adalah jenis gula yang cukup aman digunakan oleh penderita diabetes melitus. Namun meskipun dikatakan aman, sebaiknya jangan menambahkan gula terlalu banyak di dalam jus buah yang akan anda minum. Karena sebaiknya andapun mulai membiasakan diri untuk meminum jus buah yang sama sekali tidak ditambahkan pemanis apapun.