Ini Cara Mengurangi Resiko Diabetes Melitus yang Benar

Mengetahui cara mengurangi resiko diabetes melitus sangatlah penting di jaman sekarang. Karena dari tahun ke tahun, jumlah penderita penyakit diabetes melitus terus meningkat. Bukan tidak mungkin jika anda akan menjadi salah satu penderita penyakit diabetes melitus berikutnya beberapa tahun mendatang jika sama sekali tidak mulai mengurangi berbagai macam faktor-faktor yang menyebabkan munculnya penyakit tersebut mulai dari sekarang.

Namun demikian, informasi mengenai apa saja faktor-faktor yang memicu penyakit diabetes melitus masih belum diketahui oleh semua orang. Bila anda termasuk orang yang belum mengetahui informasi tersebut, maka kami sarankan anda untuk mempelajarinya di artikel ini.

Siapa yang Berpotensi Menderita Penyakit Diabetes Melitus?

siapa yang beresiko

Penyakit diabetes melitus tidak hanya bisa menyerang orang-orang yang memiliki faktor genetik saja saat ini. Penyakit diabetes melitus bisa dikatakan sebagai penyakit yang bisa menyerang siapa saja terutama di jaman sekarang ini.

Namun memang ada beberapa orang yang dinyatakan memiliki resiko jauh lebih tinggi untuk menderita penyakit tersebut jika dibandingkan dengan yang lain. Mereka yang dinyatakan memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita penyakit DM tersebut adalah mereka yang memiliki faktor-faktor berikut ini:

  1. Pengguna pola hidup yang buruk

Pola hidup yang buruk memang merupakan salah satu faktor penyebab munculnya penyakit diabetes melitus terutama diabetes melitus tipe 2. Oleh sebab itulah cara mengurangi resiko diabetes yang paling utama adalah dengan mulai menggunakan pola hidup yang sehat.

Kebanyakan orang saat ini lebih memilih menu makanan yang memiliki rasa lezat saja. Mereka tidak lagi memikirkan apakah makanan tersebut menyehatkan. Selain pola makan yang buruk, banyak orang juga memiliki pola tidur yang buruk. Seringkali orang lebih memilih mengerjakan pekerjaan daripada mengistirahatkan tubuhnya.

  1. Kelebihan berat badan dan jarang berolahraga

Selain penggunaan pola hidup yang buruk, kelebihan berat badan dan juga jarang berolahraga juga merupakan salah satu faktor yang semakin meningkatkan kemungkinan seseorang untuk menderita penyakit DM. Orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan akan sangat beresiko menderita penyakit diabetes melitus tipe 2. Semua itu dikarenakan masalah resistensi insulin yang kerap dialami oleh mereka yang memiliki berat badan berlebihan.

  1. Mengalami kondisi metabolic syndrome

Kondisi metabolic syndrome juga termasuk sebagai salah satu faktor penyebab seseorang berpotensi untuk menderita penyakit diabetes melitus. Orang-orang yang dinyatakan mengalami kondisi metabolic syndrome adalah seperti:

  • Tekanan darah lebih dari 160/90 mm Hg
  • Kadar trigliserida lebih dari 150 mg/dl
  • Kadar kolesterol HDL kurang dari 40 mg/dl
  • Obesitas dan memiliki lingkar pinggang sebesar 120 cm untuk pria dan 88 cm untuk wanita.
  • Menderita penyakit-penyakit lain.
  1. Menderita penyakit berbahaya

Jika anda sudah menderita penyakit darah tinggi maupun penyakit kolesterol, maka sebaiknya anda lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Karena orang yang menderita penyakit tersebut jauh lebih beresiko menderita penyakit diabetes melitus.

  1. Usia

Usia juga termasuk sebagai faktor pemicu munculnya penyakit diabetes melitus. Seseorang yang berumur 40 tahun keatas saat ini jauh lebih beresiko untuk menderita penyakit DM terutama jika mereka hidup dengan cara yang tidak sehat.

  1. Infeksi yang menyerang organ pankreas

Infeksi virus yang menyerang organ pankreas juga menjadi salah satu faktor pemicu penyakit diabetes melitus. Hal tersebut dikarenakan tubuh akan memproduksi hormon counter insulin ketika organ pankreas mengalami infeksi.

  1. Pernah menderita penyakit DM saat hamil

Bagi wanita yang pernah menderita penyakit diabetes melitus gestasional saat hamil juga berpotensi untuk menderita penyakit DM tipe 2.

  1. Faktor genetik

Seseorang akan semakin berpotensi untuk menderita penyakit diabetes melitus jika memiliki keturunan yang pernah menderita penyakit diabetes melitus.

  1. Ras

Penyakit diabetes melitus juga cenderung lebih sering menyerang ras-ras tertentu. Beberapa ras yang lebih berpotensi untuk menjadi penderita diabetes melitus adalah ras Afrika, Asia, Hispanik, dan juga penduduk yang mendiami kawasan Pasifik.

Benarkah Masyarakat Indonesia Juga Berpotensi Menderita Penyakit DM?

Melihat dari fakta bahwa ras juga termasuk sebagai faktor pemicu penyakit diabetes melitus, maka kita sebagai masyarakat indonesiapun perlu lebih berhati-hati. Karena kita termasuk dalam ras Asia yang artinya kita juga sangat rawan menderita penyakit diabetes melitus apalagi jika memiliki beberapa faktor pemicu yang sudah dijelaskan di atas.

Bagaimana Cara Mengurangi Resiko Diabetes?

Memang benar bahwa tidak semua faktor penyebab penyakit diabetes melitus bisa kita hindari. Seperti contohnya umur, ras, dan faktor genetik. Namun demikian, masih ada beberapa faktor lain yang bisa kita kurangi sebisa mungkin. Selain itu, pastikan juga untuk mulai mengatur pola hidup kita, pengobatan diabetes melitus dapat menjadi pilihan jika memang anda sudah terlanjur mengidap penyakit yang berbahaya tersebut.

Niscaya dengan mengatur pola hidup dan pola makan serta rutin melakukan olahraga, kita bisa terhindar dari penyakit diabetes melitus. Memang cara mengurangi resiko diabetes tampak begitu mudah, namun jika dilakukan secara disiplin, maka hal tersebut akan sangat membantu anda dalam mencegah penyakit DM menyerang anda.