Bisakah Penderita Diabetes Melitus Melakukan Cek Gula Darah Sendiri?

Apakah ada cara melakukan cek gula darah sendiri yang bisa digunakan oleh penderita diabetes melitus? Saat ini ada cukup banyak cara untuk mengetahui berapa kadar gula darah anda tanpa perlu melakukan pengecekan di laboratorium. Anda tidak perlu lagi harus meluangkan waktu untuk melakukan pengecekan kadar gula darah di laboratorium.

Namun demikian, hasil pengecekan kadar gula sendiri masih belum seakurat pengecekan yang dilakukan di laboratorium. Akan tetapi meskipun tidak seakurat pemeriksaan di laboratorium, cara cek gula darah sendiri tersebut masih cukup baik untuk mengetahui berapa besaran kadar gula darah anda.

2 Cara Mudah dan Cepat Cek Gula Darah Sendiri

cara mudah dan tepat cek gula darah sendiri

Untuk anda yang malas atau tidak memiliki waktu melakukan pengecekan kadar gula darah di laboratorium, anda bisa menggunakan 2 macam cara untuk cek gula darah sendiri. Berikut ini adalah penjelasan mengenai apa dan bagaimana cara mengecek kadar gula darah sendiri tersebut:

 

  • Alat setrip

Alat pertama yang bisa digunakan untuk cek gula darah sendiri adalah alat setrip. Untuk menggunakan alat ini anda hanya perlu meneteteskan darah anda pada setrip. Perhatikan jangan sampai tangan anda menyentuh setrip yang mengandung senyawa kimia. Karena hal tersebut bisa mengurangi keakuratan hasil pengecekan nantinya atau bahkan membuat setrip tidak dapat berfungsi kembali.

Setelah meneteskan darah anda di setrip, anda hanya perlu menunggu beberapa saat sampai setrip berubah warna. Jika setrip sudah berubah warna, maka anda hanya perlu mencocokkan warna tersebut dengan grafik warna standar yang ada pada botol. Cara ini cukup mudah dan juga cepat untuk mengetahui kadar gula darah anda.

  • Alat meteran

Selain alat setrip, anda juga bisa menggunakan alat meteran. Alat ini berbeda dengan alat setrip. Jika anda perlu mencocokkan warna pada alat setrip, pada alat meteran ini anda tidak perlu lagi melakukannya. Karena alat meteran menunjukkan besaran kadar gula darah anda dalam bentuk angka.

Cara menggunakan alat inipun hampir sama dengan alat setrip. Anda hanya perlu meneteskan darah anda pada lembar uji yang disediakan bersamaan dengan alat meteran. Masukkan lembar uji yang sudah ditetesi darah anda.

Tunggu beberapa saat sampai alat menunjukkan kadar gula darah anda. Mungkin saja anda masih kurang begitu memahami cara menggunakan alat meteran ini. jika anda memang masih bingung, anda bisa membaca instruksi lengkap yang disertakan di dalam kemasan alat meteran.

Meskipun anda bisa melakukan cek gula darah sendiri dengan menggunakan 2 macam alat tersebut, kami masih menyarankan anda untuk sesekali meluangkan waktu melakukan pemeriksaan lengkap di laboratorium. Pemeriksaan di laboratorium masih sangat perlu dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Segera atasi penyakit dm ini dengan obat alami diabetes melitus.