Apakah Penderita Diabetes Melitus Wajib Melakukan Cek Gula Darah?

Banyak hal yang wajib dilakukan olah penderita penyakit diabetes melitus dan salah satunya adalah melakukan cek gula darah. Mengapa penderita penyakit diabetes melitus harus sering mengukur berapa kadar gula darah? Karena dengan obat penurun penyakit gula dan mengetahui kadar gula darah, penderita diabetes melitus dapat mencegah terjadinya komplikasi penyakit.

Lalu seberapa sering seorang penderita diabetes melitus harus mengukur kadar gula darah? Yang menentukan seberapa sering seorang penderita DM harus melakukan pengukuran kadar gula darah adalah seberapa parah penyakit yang dideritanya. Semakin parah penyakit DM yang diderita maka semakin sering seseorang harus mengukur kadar gula di dalam darah.

Mengetahui Lebih Pasti Mengenai Berapa Sering Seorang Penderita DM Harus Melakukan Cek Gula Darah

cek gula darah sendiri

Jika saat ini anda sudah terlanjur menderita penyakit diabetes melitus, maka kami sarankan anda untuk mulai rutin melakukan cek gula darah. Untuk anda yang terdeteksi menderita penyakit diabetes melitus tipe 1 pada umumnya anda diwajibkan untuk melakukan pengecekan kadar gula darah setiap hari. Dalam satu hari seorang penderita DM tipe 1 minimal harus mengecek kadar gula darah sebanyak 2 sampai 4 kali.

Kapan waktu yang tepat untuk mengecek kadar gula darah bagi penderita DM tipe 1? Waktu yang tepat untuk melakukan cek gula darah untuk penderita DM tipe 1 adalah sebelum makan, sebelum tidur, dan juga sebelum suntik insulin. Jangan sampai anda lupa melakukan pengecekan kadar gula darah jika saat ini anda menderita penyakit DM tipe 1. Karena hal tersebut akan sangat membahayakan.

Lalu bagaimana dengan anda yang menderita penyakit DM tipe 2? Karena penyakit DM tipe 2 bisa dikatakan tidak separah DM tipe 1 maka anda tidak diwajibkan melakukan pengecekan kadar gula darah setiap hari. Pada umumnya, penderita penyakit diabetes melitus tipe 2 disarankan untuk melakukan pengecekan gula darah 2 minggu sekali. Namun jika memang memungkinan untuk anda bisa saja melakukan pengecekan setiap hari. Hal tersebut justru akan semakin baik hasilnya.

Apakah Anda Harus Melakukan Pengecekan Gula Darah di Laboratorium?

Banyak sekali penderita diabetes melitus yang menanyakan apakah mereka harus melakukan cek gula darah di laboratorium. Pengecekan kadar gula darah di laboratorium memang adalah cara yang paling tepat karena hasilnya paling akurat. Namun demikian hal tersebut tidak diwajibkan. Anda bisa saja melakukan pengecekan gula darah sendiri dengan menggunakan alat khusus.

Meskipun demikian, jika memang memungkinkan khususnya untuk penderita penyakit diabetes melitus tipe 2 bisa melakukan cek gula darah di laboratorium. Karena penderita diabetes melitus tipe 2 tidak diharuskan melakukan pengecekan kadar gula darah setiap hari.