Cara Pencegahan Diabetes Melitus Sesuai Dengan Jenisnya

Masih cukup banyak orang yang menganggap bahwa cara pencegahan diabetes melitus sangatlah sulit untuk dilakukan. Padahal faktanya mencegah penyakit DM ini jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan mengatasinya. Namun demikian, perlu anda ketahui bahwa cara pencegahan diabetes melitus sendiri masih dibagi menjadi beberapa macam cara sesuai dengan jenis penyakit DM sendiri.

Setiap jenis penyakit DM memiliki cara pencegahan yang berbeda dengan jenis lainnya. Oleh sebab itulah, sebaiknya anda mempelajari semua cara pencegahan penyakit diabetes melitus tersebut. Untuk anda yang belum mengetahui bagaimana cara pencegahan diabetes, anda bisa mempelajarinya secara lengkap di artikel ini.

Bagaimana Cara Pencegahan Diabetes Melitus TIpe 1

Bagaimana Cara Pencegahan Diabetes Melitus TIpe 1

Mayoritas orang Indonesia saat ini masih menganggap bahwa menderita penyakit diabetes melitus tipe 1 merupakan takdir. Hal tersebut dikarenakan penyakit DM tipe 1 memang menyerang orang-orang yang memiliki genetik penderita DM. Namun demikian, sebenarnya penderita DM tipe 1 tidak lebih banyak dari penderita DM tipe 2.

Sebuah survei menyatakan bahwa dari total seluruh orang yang menderita penyakit DM, hanya 10% saja yang dinyatakan menderita penyakit DM tipe 1. Di beberapa Negara maju bahkan sudah dapat mengurangi angka penderita diabetes melitus tipe 1 dengan menggunakan pengobatan diabetes melitus yang efektif.

Berikut adalah beberapa cara pencegahan diabetes melitus tipe 1 tersebut:

  • Pengobatan intensif

Pengobatan intensif untuk mencegah penyakit diabetes melitus tipe 1 dengan cara mengontrol kadar gula darah. Cara pencegahan diabetes melitus tipe 1 ini memang terbukti dapat mengurangi jumlah penderita diabetes melitus tipe 1.

  • Tes DNA pada usia muda

Negara-negara maju juga menggunakan tes DNA sebagai cara pencegahan penyakit diabetes melitus tipe 1 ini. Anak-anak yang diduga berpotensi menderita penyakit diabetes melitus tipe 1 disarankan untuk melakukan tes DNA. Jika tes DNA menyatakan bahwa mereka berpotensi menderita penyakit DM tipe 1, maka mereka akan mulai diberikan pengobatan khusus untuk melindungi sel beta pankreas.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes melitus tipe 2 sebenarnya justru lebih mudah dicegah dibandingkan dengan penyakit DM tipe 1. Karena sebenarnya, penyakit DM tipe 2 ini bisa dicegah dengan mengatur pola hidup. Berikut adalah beberapa cara mencegah penyakit DM tipe 2:

  • Mengatur pola makan (pastikan untuk hanya memakan makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan).
  • Memastikan agar tidak memiliki masalah kelebihan berat badan.
  • Rutin melakukan olahraga.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Gestasional

Selain diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2, masih ada diabetes gestasional. Diabetes gestasional merupakan jenis penyakit DM yang hanya menyerang wanita hamil saja. Penyakit ini memang bisa diatasi dengan sangat mudah dan bahkan akan lenyap setelah proses persalinan. Namun demikian, wanita yang sudah pernah menderita penyakit DM gestasional ini akan lebih berpotensi menderita penyakit DM tipe 2.

Untuk mencegah penyakit DM gestasional ini, memang wanita yang sedang hamil harus rutin memeriksa kadar gula dalam darah terutama di masa kehamilan minggu ke 8 hingga minggu ke 10. Selain itu, ada baiknya pola makan juga diatur dengan baik agar kadar gula darah tidak meningkat.

Bagaimana Mencegah Penyakit Diabetes Melitus Pada Lansia?

Diabetes melitus juga kerap menyerang lansia. Lalu apakah ada cara pencegahan diabetes pada lansia ini? Penyakit diabetes melitus pada lansia memang terjadi akibat penurunan fungsi organ-organ di dalam tubuh. Namun demikian, penyakit ini masih bisa dicegah dengan cara mengatur pola makan sekaligus rutin melakukan olahraga. Lansia yang dapat mengatur pola makan dan disiplin berolahraga bisa dengan mudah terhindar dari penyakit diabetes melitus.