Apa yang Harus Mulai Dilakukan Oleh Seseorang yang Dinyatakan Sebagai Prediabetes?

Sudah tahukah anda bahwa seseorang yang dinyatakan sebagai prediabetes sebenarnya sudah memiliki resiko yang hampir sama besarnya dengan penderita diabetes melitus? ya, memang meskipun jika dilihat dari kadar glukosa, orang yang dinyatakan sebagai prediabetes belum bisa dikategorikan sebagai penderita DM. Namun demikian, resiko yang mereka miliki sebenarnya hampir tidak berbeda jauh dengan penderita diabetes melitus.

Oleh sebab itu, dokter sering sekali mengingatkan pada orang-orang yang sudah dinyatakan sebagai prediabetes untuk mulai melakukan tindakan pencegahan dengan pengobatan diabetes melitus tipe 1. Tindakan pencegahan tersebut perlu dilakukan untuk mencegah agar jangan sampai kondisi tubuh anda saat ini semakin memburuk.

Kondisi tubuh yang semakin memburuk akan semakin meningkatkan prediabetes menjadi penyakit diabetes melitus khususnya DM tipe 2. Adakah cara untuk mencegah agar jangan sampai anda menderita penyakit diabetes melitus khususnya diabetes melitus tipe 2? Ya, memang masih ada solusinya. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja solusinya, anda bisa membacanya di sini.

 

Hal-Hal yang Mulai Perlu Dilakukan Oleh Siapa Saja yang Dinyatakan Sebagai Prediabetes

 

PrediabetesMeskipun belum dinyatakan sebagai seorang penderita diabetes melitus, namun anda yang saat ini sudah divonis menjadi prediabetes cepat atau lambat bisa saja menjadi penderita DM jika anda sama sekali tidak melakukan tindakan pencegahan apapun. Karena itu, sebaiknya setelah anda divonis sebagai seorang prediabetes, sebaiknya anda mulai disiplin menjaga kesehatan tubuh anda dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan seperti:

• Mengurangi berat badan

Kebanyakan orang yang dinyatakan sebagai pre-diabetes sering memiliki masalah kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan merupakan satu faktor yang cukup besar yang dapat memicu anda untuk menderita penyakit diabetes melitus. Oleh karena itu, sebaiknya mulailah dengan menurunkan berat badan anda. Jika anda memang belum mampu menurunkan berat badan sampai berat badan ideal, jangan khawatir.

Karena penurunan berat badan sebesar 5% sampai 10% saja sudah sangat baik efeknya. Untuk menurunkan berat badan, anda bisa mulai melakukan diet dan juga olahraga secara rutin. Selain dapat menurunkan berat badan, diet dan juga olahraga tersebut juga mampu mengurangi faktor-faktor pemicu penyakit diabetes melitus.

• Mengontrol tekanan darah dan juga kadar kolesterol

Anda yang sudah dinyatakan sebagai pre-diabetes juga harus lebih waspada. Karena ternyata, seseorang yang sudah dinyatakan sebagai prediabetes memiliki resiko sebesar 50% untuk menderita beberapa penyakit berbahaya seperti stroke dan juga jantung. Karena itu, mulai sekarang pastikan untuk mengontrol tekanan darah dan juga kadar kolesterol di dalam tubuh anda.

• Kurangi atau hilangkan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol

Kebiasaan merokok dan juga minum minuman beralkohol juga merupakan beberapa hal yang sebaiknya mulai anda kurangi dan sebaiknya anda hindari jika memang anda mampu. Karena kebiasaan merokok dan juga meminum minuman beralkohol dapat semakin meningkatkan resiko munculnya penyakit-penyakit berbahaya di dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *